PENDAHULUAN
Fenomena di lubuk linggau yang sekarang sedang berkembang yaitu perdagangan es capucino cincau yang
banyak kita jumpai di pinggiran jalan raya dari simpang periuk hingga arah
lubuk tanjung semuanya mempunyai varian rasa,kemasan, maupun harga yang
semuanya sama, dalam hal perdagangan es capucino cincau semua pedagang sama
sekali tidak mempunyai strategi karena semuanya sama.
Yang
akan saya bahas dipembahasan nanti yaitu
bagaimana cara pedagang capucino cincau melakukan sesuatu yang tidak dilakukan
oleh pedagang lain sehingga bisa tanpa pesaing.
Seperti
yang dikatakan oleh steven jobs seorang penndiri perusahaan apel yang kita
kenal sekarang saat perusahaannya yang banyak menanggung hutang karena
produknya yang gagal di pasaran, dengan semangat yang baru steven jobs mulai
menata kembali perusahaanya dengan slogan “ THINK DIFFERENT” mulai dari situlah
sehingga perusahaannya melegenda.
A. LANDASAN
TEORI
pengertian manajemen strategis menurut Nawawi adalah perencanaan
berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang berorientasi pada jangkauan
masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan
tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan
organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan
sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta
pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian
tujuan (disebut tujuan strategis) dan berbagai sasaran (tujuan operasional)
organsasi.
Dikatakan oleh Iwan
Purwanto,S.E.,M.pd.(2006:79), Manajemen Strategi adalah sejumlah keputusan
dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah
strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.
Ketchen (2009) mendefinisikan manajemen strategis
sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan
untuk menciptakan,mempertahankan keunggulan kompetitif
Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian
keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya (wikipedia bahasa indonesia)
Inovasi
adalah pengetahuan untuk menghasilkan pengetahuan yang baru (drucker)
Inovasi
dianggap sebagai upaya eksplor sesuatu yang baru yang tidak ada sebelumnya (cho
hee-jae)
Inovasi
adalah pengembangan dan Implementasi gagasan baru oleh orang dimana dalam
jangkah waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain di dalam
suatu organisasi (Andrew H. Van de ven)
Menurut
(Carnegie,et.al.) Inovasi adalah hasil temuan (invensi) + komersilisasi
Rumusan Carnegie,et.al yang paling banyak
dianut sekarang terutama untuk masyarakat awam, kalau satu penemuan belum bisa
menghasilkan uang, atau “laba” (atau juga bisa diartikan penurunan biaya
tertentu hingga laba meningkat), maka kita belum bisa menyebutkan sebagai
sebuah inovasi.
PEMBAHASAN
Didalam
pembahasan ini saya akan membahas
tentang inovasi dalam usaha dagang yang ruang lingkupnya lebih kecil dari pada
perusahaan, es capucinno cincau merupakan usaha dagang yang telah berkembang
pesat di kota lubuk linggau tetapi semua pedagang es capucinno cincau melakukan
hal yang sama dengan pesaing mereka lakukan di sinilah akan saya bahas masalah
inovasi yang telah saya fikirkan tentang perkembangan usaha dagangan agar bisa
membuat sesuatu yang berbeda dari pesaing.
Telah
saya fikirkan hal yang berbeda dari para pesaing yaitu tentang inovasi es
capucinno cincau pesan antar, dan es
capucinno cincau yang rendah gula.
Seperti
yang sama-sama kita ketahui bahwa semua usaha dagang es capucinno cincau di
kota lubuk linggau belum ada yang menerapkan yang namanya pesan antar dari sinilah kita bisa
melihat peluang yang mungkin bisa kita lakukan dengan biaya antar di tanggung
oleh konsumen dan tergantung pada jauh dan dekatnya tempat yang di tuju,
apabila tempat tujuan relatif jauh maka biaya yang akan di bebankan kepada
pelanggan pun sedikit di atas harga biasa, tetapi apabila jarak antar tidak
begitu jauh maka biaya antar akan di gratiskan, cara penerapanya metode ini
bisa di lakukan dengan pendekatan langsung kepada konsumen yang datang ketempat
penjualan es cappucinno cincau sehingga dari cara ini kita bisa meminimalisir
adanya pesaing yang mencontoh ataupun menjiplak cara kita,
Inovasi
yang kedua yaitu dengan membuat es capucinno cincau rendah gula sehingga
penderita diabetes pun bisa menikmati es capucinno cincau tanpa harus khawatir
dengan penyakit yang dideritanya, dari sinilah kita bisa dibilang sebagai
pelopor es capucinno cincau yang rendah gula karena pada bagian ini pedagang
sering melupakan konsumen yang tidak bisa mengkonsumsi es capucinno cincau yang
menggunakan gula yang tinggi, dari sini kita bisa menjadi usaha dagang es yang
akan di ingat oleh penderita diabetes sehingga penderita deiabetes pun tanpa
berfikir panjang akan membeli es capucinno yang kita jual setidaknya akan
adanya loyalitas dari konsumen yang bersangkutan.
Mengutip
dari penjelasan bapak Subuh Hidayat (tgl 10-04-2013) tentang strategi kaizen
bahwa strategi kaizen merupakan inti
dari AL-QUR’AN yang bahkan sering kita lakukan dan merupakan Ilmu tuhan yang
mana strategi tersebut buang yang jelek-jelek, ambil yang baik-baik,
dan lakukan secara terus menerus, apabila kita bisa menerapkan strategi kaizen
ini insa’ allah akan selamat di dunia,di akhirat maupun dalam berbisnis,
strategi kaizen ini berkaitan dengan inovasi karena dari strategi kaizen ini
inovasi itu dilakukan dengan melakukan perbaikan dan penyempurnaan di dalam
usaha dagang, apabila inovasi yang di kembangkan tetapi tidak mempunyai nilai jual sama sekali
berarti belum dikatakan sebagai sebuah inovasi melainkan sebuah penemuan
sehingga merujuk lagi pada pernyataan (Carnegie,et.al.) Inovasi adalah hasil temuan (invensi) +
komersilisasi.
KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah di
paparkan tadi dapat kita simpulkan bahwa inovasi berkaitan dengan strategi
kaizen karena didalam inovasi adalah memperbaiki hal-hal yang kurang pas
ataupun jelek di dalam usaha yang
dilakukan sehingga bisa membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain.
REFERENSI
Iwan Purwanto,S.E., M.pd. dalam bukunya manajemen strategi pedoman jitu dan efektif membidik sasaran perusahaan
melalui analisis aspek internal dan eksternal
Wikipedia bahasa indonesia
www.google.com